Sabtu, 22 Maret 2014

contoh RPP KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester         : 4 / 2
Tema / topik               :  6. Indahnya Negeriku
Subtema                     : 1. Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan
Pembelajaran            : 1
Alokasi waktu            : 1 x 45 menit


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR

ILMU PENGETAHUAN ALAM
1.1  Mendeskrpisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
1.2  Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
     MATEMATIKA
2.1.Menentukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
2.2.Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen

     BAHASA INDONESIA
1.1  Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
1.2  Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

C.    INDIKATOR
ILMU PENGETAHUAN ALAM
1.      Membedakan hewan langka dan tidak langka
2.      Menyimpulkan laporan berita perburuan hewan langka

MATEMATIKA
1.      Menjelaskan operasi penjumlahan bilangan desimal dan persen
2.       Menjelaskan operasi pengurangan bilangan desimal dan persen
3.      Mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen
4.      Mengoperasikan pengurangan bilangan desimal dan persen
mengenal makanan sehat (mmBAHASA INDONESIA
1.      Menceritakan kembali mengguna-kan kata-kata sendiri informasi yang digali dari berita petualangan
2.      Membuat kalimat menggunakan kosa kata baku

D.    TUJUAN
1.      Setelah mengamati gambar, siswa mampu membedakan hewan langka dan tidak langka dengan benar.
2.      Berdasarkan teks petualangan, siswa mampu menyimpulkan berita menggunakan kata-kata sendiri.
3.      Setelah membaca teks, siswa mampu menceritakan kembali teks petualangan menggunakan kata-kata sendiri.
4.      Berdasarkan teks petualangan, siswa mampu memilih dan memilah kosakata baku dan menerapkannya dalam kalimat secara terstruktur.
5.      Setelah menganalisis tabel dan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan penjumlahan bilangan desimal dan persen dengan benar.
6.      Setelah menganalisis tabel dan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengurangan bilangan desimal dan persen dengan teliti.
7.      Berdasarkan tabel, siswa mampu mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen dengan teliti.
8.      Berdasarkan tabel, siswa mampu mengoperasikan pengurangan desimal dan persen dengan teliti.
                                                             
E.       PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Ceramah, Tanya jawab, Permainan dan Penugasan


F.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk Konsentrasi”
4.      Mengajak Semua Siswa menyanyi  “SELAMAT PAGI GURU”
5.      Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
6.      Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“INDAHNYA NEGERIKU”
5 menit
Inti
1.      Menayangkan gambar tentang hewan langkah dan tidak langkah.  (eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar hewan langkah yaitu:
·         Orangutan
·         Merak jawa
·         Harimau
·         Komodo
·         Macan tutul
Gambar hewan tidak langkah yaitu:
·         Kelinci
·         Ayam
·         Bebek
·         Kerbau
·         Ikan Mas
·         kepiting
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari  hasil eksplorasi serta kemampuan  siswa
 30 menit
2.      Bertanya jawab tentang hewan-hewan langkah dan tyidak langkah,  (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) :
·         Mendengarkan jawaban siswa tentang hewan langkah dan tidak langkah.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·         Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·         Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·         Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.

3.      Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang “Perburuan Liar Ancam Macan Tutul di Ujung Kulon” (membaca, mendengar)
4.      Diawali dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
5.      Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS
·         (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
·         Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain
6.      Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks  ( menalar )
7.      Guru dan siswa bersama-sama mengamati tabel juumlah jam tidur beberapa jenis hewan yang ada dihalaman 6
8.      Guru memberikan pertanyaan kepada sisiwa
ü  Hewan apa yang memiliki waktu tidur paling lama?
ü  Hewan apa yang mempunyai waktu tidur paling singkat?
ü  Berapa jam selisih antara waktu tidur harimau dengan singa?
ü  Berapa jumlah total jam tidur harimau singa dan jaguar jika ditotalkan?


9.      Guru membuat lingkaran besar didepan kelas, lingkaran pertama “Hewan langkah, lingkaran kedua “hewan tidak langkah:
10.  Setelah itu guru membagikan beebrapa gambar kecil kepada siswa dengan keadaan gambar ditutup.
11.  Kemudian dalam 5detik siswa harus berdiri didalam lingkaran sesuai dengan jenis gambar hewan langkah atau tidak langkah


Penilaian proses:
a.       Guru mengamati bagaimana sikap peserta didik saat menjawab pertanyaan
b.      Guru mengamati keaktifan anak dalam pembelajaran.
c.       Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.


12.  Guru membagi dua kelompok hewan langkah dan hewan tidak langkah.
13.  Guru memanggil salah satu perwakilan kelompok untuk menjelaskan jenis gambar hewan yang dia pegang (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan bertanya ataupun memberikan pendapatnya

Penutup
1.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
10 menit
2.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
3.      Memberikan Pekerjaan rumah

4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

  • Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
  • Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan


G.               SUMBER DAN  MEDIA
·         Buku guru tematik terpadu kurikulum 2013 kelas 4 “TEMA 6 : INDAHNYA NEGERIKU SUBTEMA 1 : KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN PEMBELAJARAN 1 HEWAN LANGKAH DAN TIDAK LANGKAH HALAMAN 1- 8”
·         Buku Siswa tematik terpadu kurikulum 2013 kelas 4 “TEMA 6 : INDAHNYA NEGERIKU SUBTEMA 1 : KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN PEMBELAJARAN 1 HEWAN LANGKAH DAN TIDAK LANGKAH HALAMAN 1- 7”
·         gambar  dari google yang diprint dikertas ukuran A4

H.      PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
Skor : jumlah benar X 10   = …
                 10
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda


Mengetahui                                                                            Guru Kelas 4
Kepala Sekolah,                                                                   




....................................................                                            ...............................................                                    
NIP .............................................                                           NIP  ........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar